Joged Bumbung Tarian Bali Yang Membuat Pria Ketagihan
Categories Seni Lokal

Joged Bumbung Tarian Bali Yang Membuat Pria Ketagihan

pan4d – Joged bumbung begitu terkenal hingga ke mancanegara. Sebenarnya apa sih itu joged bumbung?. Bagi kamu yang belum mengetahui silsilah dari Tarian ini, simak sampai habis ya!

Joged Bumbung merupakan salah satu tarian khas bali yang berasal dari kabupaten buleleng, dengan ciri khas seorang wanita menari didampingi oleh seorang pria yang mengikuti tarian di belakangnya. Tarian ini sering di pentaskan pada upacara sosial umat hindhu. Terutama pada acara pernikahan, ataupun acara sosial yang diadakan oleh masyarakat.

Sejarah Tarian Bumbung ( Bungbung ) 

Tarian ini diperkirakan pertama kali muncul sejak tahun 1940, dimana dahulu tarian ini merupakan tarian yang di pragakan ketika para petani sedang beristirahat, dan hiburan dikala mereka sedang lelah. Konsep dari tarian ini adalah mengajak para  penonton untuk menari bersama, serta memperagakan gerakan yang sedikit erotis ketika menari, namuan tidak menghilangkan untuk etika didalamnya.

Gerakan yang dilakukan pada saat joget ini pun bervariasi, namun perlu diingat kembali, bahwa gerakan yaag dilakukan memang agak sedikit tak senonoh, tapi jagnan sampai kehilangan akal sehat dalam menari.

Sejak saat itulah tarian ini menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, dan hampir semua orang berpatisipasi dalam  joget yang satu ini.

 

Prev Sejarah Singkat Seni Tari Kecak Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *